0 TUGAS BAHASA INDONESIA

Ekonomi RI Bakal Terimbas Tsunami


JAKARTA - Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, gempa dahsyat dan tsunami yang terjadi di Jepang akan berdampak pada kerja sama bisnis dengan Indonesia.

Hidayat mengungkapkan, perusahaan-perusahaan besar seperti di sektor elektronika dan automotif di Jepang harus menghentikan produksinya akibat gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter (SR) disertai tsunami setinggi 10 meter di sebagian besar wilayah Jepang. Selain itu, investasi langsung dari Jepang ke Indonesia juga akan terhambat.

“Di sebelah utara Tokyo ada kawasan industri, terutama automotif dan elektronik, mereka sudah tidak berfungsi. Hal itu tentu akan menjadi pengganggu dalam kerja sama swasta Indonesia dengan Jepang. Ini terutama di sektor elektronika dan automotif yang komponennya belum diproduksi di Indonesia dan membutuhkan suplai dari Jepang,” papar Hidayat di Jakarta kemarin.

Mantan ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) ini menerangkan, tahun ini investor Jepang telah merencanakan investasi di Indonesia sebesar USD15 miliar. Mereka sudah menyatakan diri mengikuti tender pembangkit listrik di Jepara (Jawa Tengah), proyek infrastruktur di Kalimantan, dan beberapa proyek lainnya.

Sementara itu, Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) masih mengkaji dampak berkelanjutan dari tsunami yang terjadi di Jepang terhadap kinerja ekspor Indonesia.

Ketua Umum GPEI Benny Soetrisno mengatakan, ekspor terbesar Indonesia ke Jepang didominasi minyak dan gas. Ini khususnya ekspor gas dari Indonesia yang menghidupi Tokyo Electric. Staf Khusus Menteri Perindustrian ini mengatakan, produk pertama yang diimpor oleh Indonesia dari Jepang pada 2010 adalah mesin, kendaraan dan komponennya, peralatan listrik, barang karet, serta barang dari plastik.

“Dari data ini kemungkinan terganggunya Indonesia bisa terjadi pada proyeksi investasi yang menggunakan mesin dari Jepang, merek- merek kendaraan tertentu, dan elektronika,” paparnya.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi menuturkan, pihaknya saat ini masih melakukan pengecekan terhadap suplai di sektor automotif pascatsunami di Jepang.

“Kami sedang melakukan pengecekan supply change dengan menghubungi para kepala. Kami menanyakan keberadaan stok karena harusnya masih ada stok,” tutur Budi.

Bagi Indonesia, Jepang merupakan pasar ekspor utama. Bahkan sepanjang 2010, nilai ekspor nonmigas ke Jepang mencapai USD16,49 miliar dan menduduki peringkat pertama negara tujuan ekspor Indonesia.

Sementara pada Januari 2011, nilai ekspor nonmigas ke Jepang mencapai USD1,21 miliar atau 10,13 persen dari total ekspor nonmigas.Tidak hanya ekspor, Jepang merupakan salah satu negara asal barang utama. Impor nonmigas dari Jepang selama 2010 mencapai USD16 910,7 juta. ( sandra karina/ bernadette lilia nova )(Koran SI/Koran SI/ade)

TRI SAMSUL






50 Ribu Tentara Jepang Diterjunkan Bantu Evakuasi

 

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Pemerintah Jepang terus melakukan evakuasi warganya yang tersapu dan hilang karena gempa dan disusul tsunami pada Jumat pekan lalu. Setidaknya 50 ribu tentara diterjunkan guna memebantu proses evakuasi.
Demikian pengumuman Perdana Menteri Naoto Kan, Ahad (13/3) kemarin. Regu penolong Jepang, telah berhasil menyelamatkan 12.000 orang. Jumlah tenaga bantuan tersebut, segera akan digandakan.
Selain itu, juga aktif beroperasi 2.000 orang polisi, 1.100 unit pemadam kebakaran dan 200 orang petugas kesehatan. Pemerintah berusaha mengirim makanan, minuman dan selimut ke lokasi bencana.
Karena pengiriman melalui jalan darat masih sulit, bantuan dikirim melalui udara dan laut. Perdana Menteri Naoto Kan memuji sikap warga Jepang, yang menghadapi bencana dahsyat ini dengan tenang.


DANI





IHSG Masih Tergerus Anjloknya Bursa Asia

 


 


JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini masih melemah seiring dengan pelemahan yang terjadi di bursa Asia, paska tsunami yang terjadi di Jepang sehingga menyeret Nikkei 225.

IHSG pembukaan perdagangan Senin (14/3/2011) pukul 09.33 waktu JATS langsung dibuka melemah 13,50 poin atau setara 0,38 persen menuju 3.528,73. Indeks LQ45 merosot 2,18 poin ke 629,32, dan Jakarta Islamic Index (JII) terkoreksi 1,97 poin ke 500,85.

Adapun nilai transaksi di pasar sudah tercatat Rp81,676 miliar dengan volume sebesar 49,96 juta lembar saham. Di mana 17 saham tercatat menguat, 65 saham melemah, dan 46 saham stagnan.

Indeks Nikkei jatuh 556,06 poin tak lama setelah pembukaan, ke posisi 9.698,37, Shanghai Composite menjadi 2.917 atau turun 15,93 (0,54 persen), Hang Seng anjlok 161,65 (0,70 persen) menuju 23.088,13, kemudian indeks Straits Times turun 32,49 (0,74 persen) ke posisi 3.021.

Maka dari itu, saham-saham yang terpantau menguat (top gainers) yakni PT Gudang Garam Tbk (GGRM) naik Rp650 ke Rp40.400, PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) naik Rp500 ke Rp43.350, dan PT International Nickel Indonesia Tbk (INCO) naik Rp75 ke Rp4.750.

Serta saham-saham yang melemah (top loosers) yakni PT United Tractors Tbk (UNTR) turun Rp850 ke Rp22.550, PT Astra International Tbk (ASII) turun Rp450 ke Rp53.950, dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) turun Rp300 ke Rp16.500.(ade)


 


HAMID

 

 

 

 

Gas Alam Jepang Dipasok dari Korsel


REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Korea Selatan akan mengalihkan jumlah impor gas alam cair-nya ke Jepang untuk membantu negara tetangga yang tengah dilanda bencana alam itu guna menangani kekurangan energi, sumber resmi Seoul mengatakan, Senin (14/3). "Kami akan mengalihkan kembali sebagian dari impor LNG dari negara-negara ke tiga sampai akhir Maret hingga April ke Jepang," pejabat pada Kementerian Ekonomi mengatakan pada AFP.
Beberapa operator kelistrikan Jepang Sabtu meminta bantuan Seoul dengan pasokan gas-nya, memprediksikan pihaknya akan melakukan lebih dari sebulan untuk Tokyo guna menutupi kekurangan yang disebabkan kerusakan pembangkit tenaga nuklir utama, sumber resmi itu menyebutkan.
Korea Selatan, merupakan pembeli LNG terbesar ke dua dunia, telah menjamin hampir 98 persen dari estimasi kebutuhan LNG tahun ini melalui kontrak jangka panjang dan menengah, kata kementerian tersebut. Jepang telah mengumumkan program pengurangan pembangkit listrik yang direncanakan mulai Senin setelah gempa besar dan tsunami melanda timurlaut negara itu, merusak pusat pembangkit tenaga listrik di kawasan tersebut.

DIMAS












PLTN Fukushima Meledak

 

 

Fukushima: Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Fukushima, Jepang, meledak, Senin (14/3). Asap membumbung tinggi dari bangunan tersebut. Sejak gempa berkekuatan 8,9 SR dan tsunami mengguncang Jepang, pemetintah setempat mengkhawatirkan adanya ledakan PLTN.

Badan keamanan nuklir Jepang mengatakan ledakan terjadi di reaktor nomor 3 PLTN Fukushima. Juru bicara Ryo Miyake memprediksi kejadian itu akibat ledakan hidrogen. Namun, ia belum memastikan pengaruh ledakan terhadap reaktor.   

Sebuah reaktor nuklir Fukushima juga meledak dua hari silam. Sebelum meledak, reaktor rusak setelah kawasan itu diguncang gempa.

 

WILLIE







Perkiraan Awal Kerugian Mencapai Ratusan Triliun Rupiah

 

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO-Perkiraan awal terhadap kerugian akibat gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang mencapai kisaran puluhan miliar dolar, atau ratusan triliun rupiah. Ini menjadi pukulan besar bagi perekonomian Jepang yang tahun lalu melorot ke peringkat ketiga besar dunia setelah digeser Cina.
Perekonomian Jepang selama 20 tahun dalam kondisi sakit. Pemerintah negara tersebut kewalahan mengupayakan pertumbuhan yang kecil di tengah-tengah perlambatan perekonomian, yang diakibatkan besarnya utang publik yang mencapai 200 persen dari GDP (produk domestik bruto). Angka ini merupakan yang terbesar di antara negara-negara industry.
“Dalam jangka pendek, pasar akan menderita dan saham akan terjun. (Perekonomian) Jepang yang sebelumnya telah melemah dan dibayangi Cina kini mendapatkan pukulan terakhir dari bencana ini,” kata Koetsu Aizawa, profesor ekonomi dari Saitama University.

 

SEPTIAN

 

 

 

 

 

 

Korsel Pasok Gas Alam ke Jepang

 

Liputan6.com, Seoul: Korea Selatan akan mengalihkan jumlah impor gas alam cairnya ke Jepang untuk membantu negara tetangga yang tengah dilanda bencana alam itu guna menangani kekurangan energi, sumber resmi Seoul mengatakan, Senin (14/3).
"Kami akan mengalihkan kembali sebagian dari impor LNG dari negara-negara ke tiga sampai akhir Maret hingga April ke Jepang," kata pejabat pada Kementerian Ekonomi kepada AFP.
Beberapa operator kelistrikan Jepang, Sabtu (12/3), meminta bantuan Seoul dengan pasokan gasnya, yang memprediksikan pihaknya akan melakukan lebih dari sebulan guna menutupi kekurangan yang disebabkan kerusakan pembangkit tenaga nuklir utama, sumber resmi itu menyebutkan.
Korea Selatan, merupakan pembeli LNG terbesar ke dua dunia, telah menjamin hampir 98 persen dari estimasi kebutuhan LNG tahun ini melalui kontrak jangka panjang dan menengah, kata kementerian tersebut.
Jepang telah mengumumkan program pengurangan pembangkit listrik yang direncanakan mulai Senin setelah gempa besar dan tsunami melanda timurlaut negara itu, sehingga merusak pusat pembangkit tenaga listrik di kawasan tersebut.

ANDRA

 

 

 

 

 

 

 

Gempa 5,8 SR Landa Lepas Pantai Jepang


Liputan6.com, Tokyo: Gempa lepas pantai melanda wilayah 140 kilometer di timur laut Tokyo pada Senin pagi. Gempa ini mengguncang gedung-gedung tinggi di ibu kota Jepang, namun pihak berwenang tidak mengeluarkan peringatan tsunami.
Belum ada ada laporan tentang adanya kerusakan-kerusakan atau jatuhnya korban.
Gempa di lepas pantai prefektur Ibaraki, salah satu dari sejumlah tempat yang mendapat gempa susulan setelah gempa besar 8,9 SR Jumat (11/3), mencatat kekuatan 5,8 SR, menurut Survei Geologi Amerika Serikat. Survei mengatakan, gempa dari kedalaman 18 kilometer.
Sementara itu Badan Kepolisian Nasional Jepang mengatakan, gempa dan tsunami menewaskan 1,598 orang, 1,720 hilang setelah gempa besar yang disusul tsunami Jumat.
"Total sudah 1,598 orang meninggal dan 1,720 lainnya masih hilang tercatat pada pukul 8:00 waktu setempat (2300 GMT) Senin di Jepang, pascabencana gempa besar dan tsunami dahsyat itu,"  Badan Kepolisian Jepang.

EGI

 

 

 

 

 

 

Gempa 5,8 SR Masih Goyang Jepang


REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO-- Gempa lepas pantai melanda wilayah 140 kilometer di timur laut Tokyo pada Senin pagi, mengguncang gedung-gedung tinggi di ibu kota Jepang, namun pihak berwenang tidak mengeluarkan peringatan tsunami.
Belum ada laporan-laporan tentang kerusakan-kerusakan atau jatuhnya korban. Gempa di lepas pantai prefektur Ibaraki - salah satu dari sejumlah tempat yang mendapat gempa susulan setelah gempa besar 9 SR Jumat, mencatat kekuatan 5,8 SR, menurut Survei Geologi Amerika Serikat. Survei mengatakan, gempa dari kedalaman 18 kilometer.
Sementara itu Badan Kepolisian Nasional Jepang mengatakan, total 1,598 orang tewas, 1,720 hilang setelah gempa besar yang disusul tsunami Jumat. "Total sudah 1,598 orang meninggal dan 1,720 lainnya masih hilang tercatat pada pukul 8:00 waktu setempat (2300 GMT) Senin di Jepang, pascabencana gempa besar dan tsunami dahsyat itu," demikian pengumuman Badan Kepolisian Jepang.

ALDI

 

 

 

 


                                                                            


Related Posts by Categories



0 komentar:




ShoutBox

Label Cloud